TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

Berita Jatgede terkini MEI 2014…….

Salam bahagia semua sahabat Akang semua……
Telah lama Akang tidak update, ada rasa kangen, namun karena kesibukan di pekerjaan lah yang membuat blogs ini terbengkalai, namun Alhamdulillah masih banyak juga pengunjung ke blogs ini.
Yang akan Akang angkat kali ini adalah tenrtang berita terkini tentang MEGA PROYEK yang ada di JAWA BARAT, khususnya di kabupaten Sumedang.
JAtigede….terkini.
2014-05-19 10.30.56
Bendungan Jatigede yang rencanya akan mengairi pesawahan di bagian timur kabupaten sumedan dan kabupaten Majalengka dan Indramayu sekitarnya, nasibnya begitu terkatung-katung. Dalam rapat terakhir PLN dapat ultimatum supaya menghentikan pasokan listriknya ke daerah genangan akhir bulan April, namun nyatanya sampai saat ini belum juga ada tanda-tanda penggenangan akan di mulai.
Rekan akang dari Intel POLRES Majalengka waktu survey ke lokasi bendungan mengatakan,” itu mah paling 10 tahun lagi beres, mana mungkin bisa secepat ini di genangi”.
Dari BIRO lapangan di lokasi terowongan jatigede malah ada informasi lebih miris lagi. Kata biro lapangan Akang, terowongan ada yang retak-retak.
2014-05-19 10.21.18
2014-05-19 10.24.57
Akang juga sewaktu jalan ke belakang bendungan di dapat ada longsoran, padahal gak ada hujan, walo scepat itu pula perbaikan di laksanakan. Namun sepertinya itu coran tidak mengindahkan kaidah hokum bendungan, terkesan serampangan. Sekilas orang awam pun pasti tahu kalo itu pasti longsor lagi.
IMG_20140519_104437
Ini ada kabar yang lebih memprihatinkan kita semua. Kabar ini ada di bawak bendungan Jatigede yang kelak akan di bangun PLTA Jatigede. Sedih…plus rasanya ada sesuatu yang tidak masuk akal disana.
Mari kita lihat satu persatu.
2014-05-19 10.29.51
1. bendungan Jatigede, belumlah rampung. Kelayakan untuk di buat PLTA itu juga tidak mengindahkan dampak kedepan SEDIMENTASI ( mangga buka PLTA Jatigede mengulang kisah Kedung Ombo diblogs ini ). Sedimentasi di WADUK Insaya Allah tinggi sekali, karena DAS nya tidak terurus dari hulunya.
2. Debit air …??? Yang ada saja cumin bias bangkit 3 MW ( PLTA Parakankondang ). Walo sempat Akang bersitegang dengan mereka-mereka para insinyur ( ???? ). Kata beliau, kan airnya di tampung dulu, baru nanti dipakai untuk PLTA.
Lhoooo….??? Apa gak di hitung debit masuk dengan debit keluar sederhananya pakai hk.kirchoff lah…. .
3. Terus yang lebih mengherankan, hanya untuk membangun PLTA dengan kapasitas 2X55 MW, tanah yang dipakai sebegitu luasnya ???
Dibalik semua hal teknis itu, ada pengulangan KASUS pembebasan CADASNGAMPAR/SUKAKERSA terulang di balik pembebasan tanah PLTA Jatigede ini. Kenapa Akang katakana begitu ??? karena Akang ikut terjun di Cadasngampar dan jadi pengamat disana.
Mana bukti nya ???
Ada gan…. !!! Waktu pemakaman yang di pinisepuh Akang, ada seseorang yang mengadu ke Akang inisial “EK”. Dia berkata.” Kang, ada orang yang nawarin harga pembebasan rumah bisa 2x lipat, asaaaaaaaaaaaaal…….???!!!!.
Kemudian minggu kemarin ada pula yang mengadu ke Akang inisial “IS”,” Kang tanah yang dulu tidak di ukur bisa di uangkan asaaaaaal……???? !!!.
Duwwwwhhh bobrok sekali mental anak bangsa ini. Gak disana gak disini…semua Idem…!!!
Yang kasihan tentulah masyarakat AWAM, dimana di semua sisi dia di tekan dan di peras…..
Apalagi ada pernyataan di forum rapat dengan warga ,” Saya berdiri di depan ini bukan sebagai kepala desa, tapi saya dari tim P2T.” duwhhhh….??? Perkataan apa ini ??
padahal dia dipilih oleh rakyat…???
Jadi warga harus mengadu kepada siapa ?? sementara pimpinan mereka sudah tidak ada keberpihakan kepada mereka lagi ???
Wassalam….. !!!

Iklan

1 Komentar

  1. Bener sekali kang sampai sekarang pun realisasi penggantian tanah pun nihil . adapun proses sampai detik ini cuma wacana dari para2 petinggi desa dan itupun mlewati proses2 yang rumit. Saya sendiri melihat orang tua saya yang slalu mengeluarkan uang dengan dalih melengkapi syarat2.. Kebetulan desa saya di jati bungur yang akan ikut serta tergenang oleh waduk jati gede.. Bingung dengan kejelasan semua ini dan memang benar bingung harus mengadu dgn siapa lgi. 😱😱

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: