TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

LISTRIK………!!!

LISTRIK adalah sebuah kata yang begitu sederhana namun saat ini kata itu begitu sangat berarti dan kehadiranya begitu sangat berpengaruh dan berarti bagi kehidupan bangsa ini, juga termasuk begitu berarti juga sangat…sangat di butuhkan bagi negeri-negeri yang mempunyai musim lebih dari 2 seperti di negeri ini INDONESIA.
LISTRIK, disaat mengalir tiada hentinya dan terus menerus siang malam, kehadiranya tidak begitu dihiraukan, bahkan begitu CUEX saja bagi pemakainya. Seakan yang namanya LISTRIK itu seakan tidak ada karena kehadiranya yang kontinuetas tiada henti.
Namun………….., begitu padam…..!!!! barulah yang dinamakan LISTRIK itu seakan di akui keberadaanya. Caci…maki…sumpah serapah akan padamnya LISTRIK mengalir meluncur begitu derasnya. Dari mulai ibu-ibu RT yang sedang memasak dengan peralatan listriknya sampai ibu-ibu yang sedang menonton sinetron, bapak-bapak yang menikmati tontonan sepakbola, sampai kaum intelektual mengumpat tiada hentinya. Yang paling menyedihkan adalah sumpah serapah “ dasar PLN…..!!! telat bayar aja langsung diputus listriknya…..!!! begitu madamkan listrik….!!! seenaknya aja…….!! “.
Yo mari kita tengok sesaat bagaimana kegiatan aktivitas para pejuang kesinambungan kontinutas aliran yang namanya LISTRIK di daerah pegunungan.

Tidak siang terik..tidak malam gelap gulita….saat hujan deras petir bersahutan, pasukan PEMELIHARAAN dari GARDU yang bersangkutan, merayap melintasi lebatnya hujan…..dengan menghiraukan rasa takut dengan akan adanya sambaran petir, melintasi lebatnya hutan, menyebrangi sungai yang meluap akibat banjir. Kadang rasio mereka tidak jalan hanya karena kesinambungan aliran listrik yang mesti secepatnya pulih….mereka tidak pedulikan keselamatan diri mereka. Itulah perjuangan dari front line…garda terdepan yang sering terlupakan dan sering tidak mendapatkan penghargaan sebagaimana mestinya. Namun yang bikin hebat, mereka tetap tegar setiap terjadi adanya gangguan listrik dan siap jalan menembus lebatnya hutan, sebrangi sungai di tengah gelapnya malam demi kesinambungan penyaluran listrik yang saat ini sudah menjdi 1 kebutuhan pokok, dimana bila si LISTRIK tiada, banyak sekali kerugian akan terjadi di tengah masyarakat.
Dengan LISTRIK begitu banyak manfaat yang bisa diambil, kecerdasan bangsa, keamanan dan bidang-di bidang lainya begitu dominan dengan adanya LISTRIK ini.
“ aaaaa…pantes lah…kerja demikian, kan gaji nya besar…??? !!! “ mereka berkata begitu tatkala di ungkapkan akan kenerja tukang listrik.
He…he…he….!!! kalau ahulu zaman PERUM memang pendapatan tukang LISTRIK begitu dominan di mata masyarakat, namun sekarang sungguh berbanding terbalik. Coba tengok para petugas di front liner……miris…miris…..??!! mungkin hanya karena enggak ada kerjaan lain saja mereka masih sanggup bekerja dengan beban kerja yang begitu beratnya.

Coba saja….!! hanya dengan penghasilan Rp.600.000,- s/d Rp. 1.2 juta saja mereka musti jalan tiap hari, kecuali hari Minggu dan hari besar saja mereka libur…??? ..( libur apaan la wong kalau ada trouble, tetap saja mereka wajib hadir dengan hanya tambahan uang sebesar Rp.25.000,- saja. )
Yok, mari kita berhitung…!!! kita ambil penghasilan rata-rata mereka Rp.900.000,-.
Buat BBM 1 hari Rp.5.000,- ( 24 X 5.000 = Rp.120.000,- ), jadi sisa penghasila mereka hanyalah Rp.780.000,- saja. Dipakai buat makan anak, istri, bayar listrik, bayar biaya sekolah anak-anaknya, belum beli pelumas, belum kalau ban motornya sudah pada botak, mtornya musti service dll..dll…!!!.
Bagaimana saudara-saudara,,,,,???
Untuk hal itu, marilah kita bersama jaga aset milik PLN ini bersama-sama, dengan menjaga milik aser PLN, berarti menjaga kesinambungan aliran LISTRIK, juga berarti kita ikut juga menyumbangkan pengeluaran financial para petugas front liner PLN, karena tidak harus mendatangi tower per tower, karena adanya kasus pencurian besi ( bracing ) tower.
Akang kadang heran juga dengan para pencuri besi tower. Apakah mereka sama sekali tidak memakai LISTRIK ???. Coba tengok beberapa kasus pencurian besi tower listrik yang mengakibatkan robohnya tower tsb. Gila….edann…!!! seakan mereka bukan user LISTRIK aja.

Ada lagi….!! sebagian masyarakat ( oknum ) yang menghalangi akan di bangunya tower-tower listrik, dengan alasan keselamatan, kesehatan mereka terancam dengan adanya tower tsb. Padahal mereka juga sama butuh LISTRIK.

Padahal dari PLN sendiri peduli dan juga rutin dengan pemeliharaan berkala demi keselamatan dan keamanan warga sekitar tower, misalnya dengan pemeliharaan arde-arde petir, juga pemeliharaan isolator penyangga konduktor.

Yuuuukkk……..!!! mari kita bersama-sama jaga aset PLN. Dengan menjaga aset PLN berarti kita juga menjaga akan kesinambungan aliran listrik yang setiap detik kita butuhkan, janganlah kita bertumpu akan adanya petugas PLN yang jumlahnya makin sedikit saja, sementara aset PLN semakin bertambah banyak.
Wassalam……!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: