TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

Manfaat Sirsak…….

Akang berbagi cerita ini, karena Kakak Akang menderita Tumor stadium akut di tenggorokan. Beliau telah menjalani 4 kali kemoterapi, namun karena menjalani kemoterapi tsb kulit muka kakak Akang hitam legam terbakar dan juga merasa kesakitan.
Akhirnya atas saran dari beberapa orang dan juga membaca dari referensi beberapa buku, kakak Akang mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, Alhamdulillah setelah 1 bulan penderitaan beliau ber angsur-angsur berkurang. Dan sekarang sudah bisa menelan makanan, juga kulit muka beliau sekarang sudah pulih seperti sediakala. Mangga Akang berbagi ini, semoga menjadi pencerahan bagi yang membutuhkanya.
Baik kita mulai :
Nama latin : Annona muricata L.
Nama Lokal : Sirsak, Nangka belanda, Durian Belanda.
Diskripsi tanaman : Tumbuhan ini berasal dari negara Karibia, Amerika tengah. Tanaman ini mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia, dan biasanya sangat baik tumbuh didaerah yang banyak airnya. Tanaman ini bila ditanam sebagai tanaman komersial akan diambil buahnya. Tanaman berbentuk seperti nangka tapi lebih kecil, dan dibagian luarnya seperti ada rambutnya. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 9 meter, tanaman ini tumbuh maksimal di daerah 1000 m di atas permukaan laut
Buah sirsat ini sebetulnya bukan buah sejati. Buah ini merupakan kumpulan buah-buah kecil. Buah ini bisa berukuran cukup besar antara 20-30 cm. dengan berat bisa mencapai 2,5 kg. Daging buah ini berwarna putih dan berbiji hitam. Daging buah ini biasa dipakai untuk jus sebagai minuman.
Kandungan gizi/zat dalam tanaman sirsat ini adalah sebagai berikut :
1. Karbohidrat, terutama fruktosa.
2. Vitamin C
3. Vitamin B1
4. Vitamin B2.
Selain kandungan nilai gizinya, buah ini juga mengandung serat pangan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Disamping kandungan gizi dan serat pangan tersebut buah sirsat ini juga mengandung senyawa fitokimia, sehingGa dapat berarti bahwa buah tersebut sangat baik untuk kesehatan kita.
Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, dari daun akar sampai daging buahnya. Bahkan dalam penelitian terakhir disebutkan tentang multiguna dari tanaman ini . Berbagai manfaat buah sirsat untuk pengobatan antara lain untuk : batu empedu, antisembelit dan juga untuk memperlancar proses pencernaan, asam urat serta meningkatkan selera makan.
Bahkan dalam penelitian di Purdue university menyebutkan bahwa daun sirsat sangat ampuh untuk mengobati sel kanker terutama sel kanker prostat, paru-paru dan pankreas. Berikut manfaat tanaman ini untuk pengobatan :
1. Menyerang sel-sel kanker dengan sangat aman dan efektif, tanpa disertai rasa mual atau rambut rontok seperti pada kemoterapi.
2. Meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah infeksi yang berbahaya.
3. Dalam menyreang sel kanker / sel jahat, ternyata ditemukan bahwa dia tidak menyeang pada sel yang sehat.
Beberapa manfaat tanaman sirsat untuk pengobatan adalah sebagai berikut :
1. Kanker: Gunakan 10 lembar dau sirsat, rebus dengan 3 gelas air didihkan hingga tinggal 1 gelas. Diminum 2 kali sehari selama 2 minggu. Dampak dari pengobatan ini seperti pada kemoterapi, tetapi dengan tanaman ini sel-sel yang dibunuh hanyalah sel-sel yang abnormal, sedangkan sel-sel normal tetap hidup. Kelebihan yang lain adalah tidak menimbulkan efek samping seperti pada kemoterapi (rambut rontok ataupun mual-mual diperut).
2. Sakit pinggang. Ambil 30 daun sirsat rebus dengan 5 gelas air didihkan hingga tinggal 3 gelas diminum 1 hari sekali 3/4 gelas.
3. Bayi mencret : Ambil 1 buah sirsat yang sudah masak, peras kemudian minumkan 2-3 sendok makan.
4. Ambeiyen : Ambil buah sirsat yang sudah masak, peras hingga 1 gelas minum 2x sehari pagi dan sore hari.
5. Bisul : Ambil daun sirsat yang masih muda tempelkan pada daerah yang sakit.
6. Anyang-anyangen : Ambil buah sirsat setengah masak, kupas buahnya beri dengan gula secukupnya rebus dengan air 2 gelas lalu diminum.
7. Sakit kandungan air seni : Ambil buah sirsat setengah masak, kupas dan rebus dengan gula dan garam secukupnya, masak menjadi kolak dan diminum setiap hari selama satu minggu.
8. Liver : Tidak boleh makan makanan yang lain selama 1 minggu hanya minum jus sirsat.
9. Eksim dan rematik : Tumbuk daun sirsat dan tempelkan pada daerah yang sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: