TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

ADA APA DENGAN KAUM WANITA…??

“Wanita konon adalah tercipta dari sebilah tulang rusuk lelaki”….demikian ucapan itu terus terngiang selama berpuluh tahun, walaupun Master atau Ustadz plus Ayahanda Akang telah meninggal dunia 1000 hari yang lalu.

Menurut beberapa referensi….bahwa wanita di ciptakan dari tulang rusuk lelaki bengkok…..yang keras, dimana susah diluruskan. Diluruskan pelan-pelan susah…..diluruskan dengan keras malah patah itu tulang. Setelah Akang perhatikan berpuluh tahun lamanya, ternyata ada hubunganya dengan sifat keras kepala para kaum hawa, dimana kalau dilembutin…mana mau dia berubah…dikerasin malah menangis dan PUNDUNG (bhs.sunda).

Berpuluh orang Wanita telah Akang amati, ada sahabat, teman baik malah ada adik-adik Mahasiswa, pelajar dan karyawan. Malah ada seseorang Wanita  yang menulis di FB begini, “ wanita lebih mementingkan perasaanya di banding otaknya”. Baguslah beliau berkata begitu, namun begitu sedikit yang menyadari, bahwa dia itu lebih mementingkan perasaan di banding logikanya.

Akang tidak pernah mau merendahkan kaum Hawa, karena Akang sering terinspirasi dengan adanya persahabatan dengan mereka-mereka itu. Akang salut dengan kerajinan Mereka, salut dengan ketekunan mereka. Namun kadang mereka tidak sadar…..bahwa ada kelebihan ada pula banyak kelemahan.

Ada peribahasa sunda mengatakan,” Awewe mah heureut deuleu pondok lengkah”.

Apa itu artinya ???. Dikatakan bahwa “heureut deuleu”….bahwa pandangan wanita itu pendek, dalam arti bahwa wanita itu melihat Cuma dengan perasaanya saja……dan juga para wanita itu “ kejot borosot” mereka suka tanpa fikir panjang, yang dipakai cuman kasihan dan karunya saja.

Selanjutnya apa itu “pondok lengkah ??”. Secara kasat mata saja sudah jelas bahwa langkah mereka itu pendek di banding dengan kaum Adam. Namun arti harfiahnya adalah bahwa pola fikir mereka pendek…kalaupun mampu berfikir panjang, mestilah memerlukan waktu yang panjang dan lama.

Baik….mari kita amati dan ambil contoh sederhana…..

Apa perbedaan antara Ibu guru dengan Bapak guru…..???

Seorang bapak guru, begitu waktu mengajar tiba…beliau los begitu saja berangkat ke sekolah tempat ngajarnya tanpa ada beban apa-apa. Sarapan di siapkan istrinya, baju sudah rapih di setrika oleh istri tersayangnya….. tapi apa yang terjadi dengan Ibu guru…??? sebelum berangkat beliau siapkan sarapan buat anak-anaknya…suaminya tercinta, siapkan baju-baju anak-anaknya dan suaminya. Belum lagi mesti bereskan rumah dll. Jadi sebelum mereka bekerja sudah kelelahan. Tapiiii….untuk sisi kesabaran dan ketekunan melayani anak bandel….Ibu guru nomor 1 lah dibanding bapak guru.

Di perjalanan Akang menyusuri pegunungan Akang ditemani seorang teman, teman baru…maklum kan Akang baru pindah tugas. Setelah SIDAK tempat kerja teman Akang….Akang begitu sedikit emosi melihat hasil kerja beliau…..semua….semua hasil kerja beliau amburadul…tidak bagus dan tidak sesuai dengan kontrak kerja.

Namun setelah akang ngobrol ngalor ngidul……eemmm….ternyata semua atas prilaku istrinya di rumah. Beliau punya anak 5 orang, tiap pagi dia mesti masak, nyuci baju se abreg…baju anak-anaknya, juga istrinya…… Astaghfirullahal adzim…..!!!

Ternyata kasus ini tidak hanya ada pada diri teman akang ini….akang menemukan kasus ini banyak….dan saksi hidupnya bisa di ajak bicara kalau memang diperlukan.

Semestinya kan dia diciptakan dari tulang rusuk laki-laki…..dia mesti lebih peka dengan apa yang di alami suaminya…!!! bukan malah cuex-cuex saja sama suaminya. Pahit suami..istri juga harus merasakan pahit…manis di suami…istri juga mesti merakan manis. Coba tengok…di saat suami pulang kerja dengan peluh bercucuran….eehhh istri enak-enak aja tiduran…enak-enak aja main hand phone….apa ini istri tauladan yang dirindukan syurga nya Allah….??? pantas saja Rasulullah SAW mengatakan…kebanyakan para penghuni Neraka itu adalah wanita….Naudzu billahi mindzalik. Tapi di balik itu…janji Allah SWT bahwa Allah menjajikan syurga yang begitu mudah bagi kaum Hawa ( baca di tulisan Akang tentang wanita Idaman ).

Akang juga menyayangi seorang wanita…dia telah Akang bimbing sejak usia 14 tahun dan skarang berusia 30 tahun. Bukan waktu sedikit tentunya, tapiiiiii……………??? ternyata Manusia hanyalah sebatas berkehendak dan Akang cuman sebatas mengarahkan, masalah perubahan prilaku tentu ada di pihak yang bersangkutan.

Semoga Allah memberikan jalan terang bagi para pendamping kaumpria ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: