TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

PEMBAYARAN KWH METER PRA BAYAR ( sistem TOKEN )…..

Kabarnya semuanya nanti PLN di tempat kita pake Prabayar yaaa…
gimana pendapat pembaca pareugreug ?

kalo gw kebayang juga siih pas udah mao abis “pulsa” listriknya … udah muter2 sana sini gak ada yang jual Voucher isi ulangnya… jadinya beli lilin deeeh .. πŸ˜†

trus kalo bisa harga voucher isi ulangnya sama semua gak beda beda di tiap pengecer kaya pulsa telepon sekarang…

Pelanggan Prabayar PLN Ditarget Rp5 Triliun
Jakarta, CyberNews. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan 700.000 pelanggan listrik prabayar tahun ini. Dari pelanngan tersebut, perusahaan BUMN ini akan memperoleh pendapatan sebesar Rp5 triliun.
Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero), mengatakan, dengan sistem meteran prabayar tersebut pelanggan akan lebih mudah mengontrol pemakaian listriknya. Disamping itu, pelanggan bisa mengatur pemakaian listriknya sesuai dengan kemampuan keuangannya.

Produk yang mirip dengan yang diterapkan pada sistem telekomunikasi global system for mobile/GSM ini, sudah diterapkan di Denpasar, Kalimantan Timur, dan Apartemen Taman Rasuna, Jakarta. “Negara-negara lain seperti China juga telah menggunanan sistem ini,” kata Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero).

Pelanggan yang menggunakan sistem prabayar, kata dia, dalam meteran listriknya dipasang slot kartu indentitas yang berfungsi sebagai pengisian pulsa. Besarnya pengisian pulsa tergantung dari kemampuan pelanggan. “PLN menjual kartu isi ulang dengan berbagai paket, mulai dari nilai nominal 50 kwh hingga 1.000 kwh dengan harga per kwh Rp900,” katanya.

Kartu isi ulang tersebut, untuk sementara baru dapat dibeli di kantor-kantor PLN. Namun, nantinya tempat penjualan akan dikembangkan melalui ATM (anjungan tunai mandiri) perbankan yang bekerjasama dengan PLN. Bahkan, sambungnya akan terus dikembangkan dalam bentuk voucer yang dapat dibeli di toko-toko.

Dalam meteran pelanggan prabayar tersebut, kata dia, dipasang sinyal. Bila pulsa penuh sinyal hijau menyala, dan jika pulsa akan habis sinyal kuning menyala. Sedangkan bila pulsa habis sinyal merah yang menyala dan listrik tidak bisa dipakai. Karena itu, saat sinyal kuning menyala pelanggan harus segera mengisi ulang agar listrik tidak padam.

Ketika ditanya bagaimana bila pelanggan konvensional ingin pindah ke prabayar, Aritonang mengatakan, pelanggan bisa mendaftar ke kantor PLN terdekat. Selanjutnya petugas akan mengganti meteran konvensional menjadi meteran prabayar.

“Kami sedang mengupayakan agar biaya penggantian meteran tidak menjadi beban pelanggan. Namun, untuk pelanggan baru tetap harus membayar biaya penyambungan,” ungkap Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero).

Di samping pelanggan prabayar, kata dia, PLN dalam waktu dekat akan mengeluarkan sistem pembayaran rekening listrik bagi industri besar melalui program landing working capital. Program ini rencananya akan dikeluarkan pada bulan ini dan akan melibatkan beberapa bank.

Dengan sistem tersebut diharapkan palanggan industri besar tidak lagi mengalami tunggakan pembayaran rekening listrik kepada PLN, karena pembayaran rekeningnya akan ditalangi oleh perbankan.

Dalam mekanisme ini, lanjut dia, bank yang akan memenuhi kewajiban konsumen listrik. Selanjutnya, uang tersebut akan menjadi piutang pelanggan kepada bank. “Tentu fasilitas ini tidak cuma-cuma. Perbankan akan menghitungnya sebagai pinjaman dengan tingkat bunga tertentu,” ungkapnya.

Menurut Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero), sistem ini akan sangat membantu para pelanggan. Karena, mereka (pelanggan) akan terhindar dari denda tunggakan sebesar 3%. Sementara perbankan mendapatkan benefit berupa bunga sebesar 1% per bulan dari pelanggan karena perbankan menalangi pembayaran rekening kepada PLN.

“Sedangkan bagi PLN mendapat kepastian pembayaran setiap bulan, tidak ada lagi tunggakan. Dengan program ini sama-sama untung,” katanya.

Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) mengatakan, saat ini sudah ada tiga bank yang menyatakan kesediannya untuk ikut dalam program tersebut. Bank itu adalah Bank BNI, BCA dan Bank Danamon yang saat ini dalam proses penjajakan. Rencananya, program ini bukan hanya untuk pelanggan industri atau besar saja. “Kalau pelanggan kecil mau ikut, kenapa tidak,” Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero).

Iklan

12 Komentar

  1. indrawan

    saya pemakain pln sistem pra bayar merasa kesulitan untuk membayar token dulu di kantor pos bisa sekarang sudah tdk bisa dan harus ke pln yang jaraknya jauh cara apa lagi untuk membayar yang lebuih mudah

    • Team_Bulls

      Maaf beribu maaf, kemungkinan belum ada agen pembayaran listrik OL barangkali ya…
      Justru saya lihat di suatu daerah pelosok, ada yg menyediakan pembayaran OL PLN….
      Barangkali Bp/sdr bisa buka counter pembayaran Listrik OL di daerah Bp/sdr….yg bisa layani di daerah Bp/sdr…
      Mungkin ini peluang lo….!!

      • maap sya mau nanya cara nya mendapatkan KWH Token ,apa harus datang ke PLN lansung apa bagaimana ? trms

      • Team_Bulls

        Maaf baru balas…lagi banyak kesibukan..
        Betul sekali…datang aja ke kantor PLN….penggantian KWH token resminya GRATIS…

  2. Mungkin masih tergantung PLN setempat juga, karena di daerah saya Tasikmalaya sangat mudah untuk membayar token. Atau mungkin masih sedikit yang menggunakan PLN System Prabayar didaerah tersebut.

    • Team_Bulls

      Betul sekali…
      Ternyata masih banyak yang keberatan dengan sistem token ini…
      Terima kasih infonya…

  3. rahmat

    om,,
    gimana cara buka counter di pelosok seperti daerah saya yang baru pemekeran ini.
    kira2 modal nya banyak n apa saja alat yang di butuhkan.
    plis, informasinya om,, kirem ke email saya ya;
    rahmatklx@yahoo.co.id

  4. indah’y hidup di dunia klo ad lampu

    • Team_Bulls

      Tuuullll…………!!!!
      Sistem jaga tetep handalll………!!!

  5. try haris

    saya juga sangat2 keberataaaaaaaannnnn….., dasar PLN bikin susah masyarakat saja…., coba bayangkan nenek2 di perkampungan tinggal dirumah kecil sendiri tanpa suami maupun anak…., gimana dia cara membeli token… dan cara tu nenek mengisi angka digital ke meteran rumahnya…., pln klo buat tu sistem prabayar mikir2 donk…, bikin repot saja…., bikin susah saja…..!. kerjaan kita bukan buat isi2in tu terus meteran digital….

  6. dasar pln goblok ga becus ngurusin syistem kelistrikan di indonesia kalau ada perusahaan swasta saya lebih baik pindah pelanggan daripada pln..bayangkan mau pasang listrik aja ada uang jaminan di pendaftarannya emangnya ada perusahaan listrik lain selain pln dari situ aja ketahuan permainan pln masarakat indonesia ini dari dulu sampai sekarang di bodohi terus…

    • Team_Bulls

      Kelistrikan yg sudah di kelola pihak swasta adalah otorita Batam.
      Mangga bandingkan harga listrik swasta dengan yang dikelola pemerintah ( PLN ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: