TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

BELAJAR MERUBAH PERILAKU………

“Saya nyaman dengan keadaan diri sendiri! Jadi orang lain harus bisa menerima saya apa adanya.” Bagaimana pendapat anda dengan pernyataan diatas? Benar atau salah?Bagaimana pendapat anda dengan pernyataan diatas? Benar atau salah? Hmmm… sebenarnya sih, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Kenapa? Karena kita memang harus merasa nyaman dengan diri sendiri. Hal itu menunjukkan kalau kita adalah orang yang punya rasa percaya diri. Tapi rasa nyaman yang kita rasakan itu belum tentu dirasakan oleh orang lain, sehingga kita tidak bisa meminta mereka untuk menerima diri kita apa adanya. Anda harus ingat, beda kepala beda isinya. Jadi jangan terlena dengan rasa nyaman itu sampai lupa membenahi diri sendiri.

Memang sih, memperbaiki diri bukan hal yang mudah. Tapi juga bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Coba saja anda ingat bagaimana masa kecil anda ? Pasti ada banyak hal yang berubah dari dalam diri anda, kan? Hal ini bisa jadi bukti bahwa memperbaiki diri itu bukanlah suatu hal yang sangat sulit dilakukan.

Mau memperbaiki diri tapi bingung caranya? Coba ikuti saja beberapa tips di bawah ini.

1. Rajin-rajin introspeksi

Cobalah introspeksi dan jujur pada diri anda sendiri. Dari sana anda bisa menyadari bahwa ada sifat maupun kebiasaan anda yang perlu dibenahi, sehingga timbul niat untuk merubahnya. Melalui introspeksi anda juga tahu bagian mana dari diri anda yang harus segera diperbaiki sehingga tidak menjadi bumerang di kemudian hari.

2. Belajar dari orang lain

Salah satu cara mudah untuk memperbaiki diri adalah dengan mempelajari hal-hal positif dari orang lain. Misalnya, anda orangnya pemalu dan kurang mudah bergaul, sedangkan kakak anda tipe orang yang supel dan cepat akrab dengan orang lain. Coba deh, anda pelajari bagaimana sikap kakak anda itu saat bertemu dengan teman ataupun orang yang baru dikenalnya. Lewat pengamatan itu, anda bisa mempelajari bagaimana berinteraksi yang baik dengan orang lain, sehingga secara perlahan anda  bisa menghilangkan sifat pemalu anda itu. TAPI INGAT, BELAJAR BUKAN BERARTI MENIRU ORANG LAIN, YA!

3. Disiplin

Yang namanya niat baik itu selalu saja ada cobaannya. Jadi anda harus bertekad kuat dan berdisiplin tinggi. Supaya bisa punya disiplin yang tinggi anda harus memiliki target agar anda tidak mudah tergoda untuk menyerah pada keadaan. Contohnya saja, anda ingin menaikkan nilai Matematika di rapor dan bila anda belajar jauh-jauh hari sebelum ujian, pasti anda akan mendapatkan nilai yang baik. Namun setiap anda berniat meluangkan waktu untuk belajar, teman-teman anda selalu mengajak anda pergi bermain atau jalan-jalan. Disinilah disiplin diri untuk mencapai target itu sangat dibutuhkan. Dengan begitu anda bisa menahan semua godaan yang datang dan memilih mana yang paling baik untuk anda lakukan.

Intinya: Niat untuk merubah diri itu harus datang dari hati sendiri. Dan niat baik saja belum cukup, karena anda juga harus melakukan berbagai tindakan supaya keinginan itu bisa terwujud.

Selamat mencoba!!!

2 Komentar

  1. sebelumnya saya ucapkan banya2 terima kasih kepada semua pihak, yang mana telah memberikan kesempatan untuk menuntut ilmu pengetahuan yang mana di sediakan publik. saya sebagai warga indonesia ikut bangga dengan adanya layanan internet,karena jejaring yang sangat memudah kan mencari pengetahuan, apalagi di halaman ini menerangkan silsilah kerajaan sumedang laran, saya sebagai orang awam tidak tahu sejarah ,tapi kali ini saya mempunyai wawasan, pengetahuan tentang sejarah.saya salah satu warga sumedang yang terletak Di kawasan kampung ciDarma yang termasuk ke kb sumeDang, ikut bangga kepada perjuangan para raja jaman dahulu. di sini menerangkan sejarah kerajaan sumedang larang untuk membaca sejarah ini tinggal kli di atas halaman tulisan saya, mungkin untuk mengenai belajar memperbaiki diri di perlukan banyak orang untuk menilai seseorang, karena kebaikan diri kita terlihat oleh banyak orang, jangan merasa bai sebelum di katakan orang banyak baik, karena perbuatan seseorang takan terasa sama diri kita, karena kita kan manusia tiDak luput dari salah, tapi demikian kesalahan kita bisa di jadikan guru untuk kedepannya, dan kegagalan anggap lah guru yang terbaik untuk mencapai kesuksesan, mungkin sekian dulu ucapan hati saya yang sedemikian adanya, di tulis apa adanya ( wasalam ATANGCVS CIDARMA CIPEUNDEUY JATINUNGGAL SUMEdANG JABAR)

    • Team_Bulls

      Salam Kembali….Semoga dengan terbukanya Dunia Internet, semakin terbuka pula jendela Dunia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: