TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

TEBARKAN SALAM……

A

Bu Bakar ra berkata: ”Adalah kami bila me- lihat seseorang mun- cul dari kejauhan selalu mendahuluinya dengan salam sebelum ia mengucapkan.”

D

ari zuhrah bin Khumai- shah ra:”Aku bersama Abu Bakar menaiki seekor unta. Setiap kali kami melewati suatu kaum kami selalu mengucapkan salam kepada mereka. Kemudian mereka membalas salam kami lebih banyak yang kami katakan. Abu Bakar lalu berkata: ”Hari ini manusia mengutamakan kita dengan kebaikan yang banyak.”

 

Umar ra mengatakan:  ”ketika  aku bersama AbuBakar Menungga – ngi unta. Setiap ia melewati sekelompok kaum, ia katakan:”Assalamu a’la- ikum.”Kemudian mereka men- jawab:”Wa’alaikum salam     warahmatullahi wabaraka-tuh”AbuBakar berkata:”Hari ini, manusia mengutamakan kita dengan tambahan (pahala) yang banyak.”

“H

endaklah engkau bersabar terhadap apa yang kau cintai dan apa yang kau benci,sebaik-baiknya pri – laku adalah sabar.kalian telah terkagum-kagum de- ngan dunia, dan ia telah menarik kalian dengan buntutnya serta mengenakan pakaian dan perhiasannya. Sesungguhnya para sahabat Rasulullah SAW, mereka duduk-duduk di teras rumahnya.Mereka berkata: ”Kami duduk dan memberi salam kepada orang yang lewat,kemudian ia membalas salam kami.”

D

ari Anas bin Malik ra berkata:”Suatu ketika kami berjalan bersama Rasulullah SAW. Di tengah jalan kami dipisahkan de- ngan sebatang pohon. Ketika bertemu kembali, masing-masing kami mengu- capkan salam.

“T

hufail bin Ubay bin Ka’ab rabercerita:” Saya mengunjungi Abdullah bin Umar ra kemudian kami berjalan bersama ke sebuah pasar. Sejak kami pergi ke pasar, Abdullah bin Umar tidak melewati para pedagang, orang miskin atau siapa saja kecuali ia memberi salam kepadanya. Aku bertanya:”Apa yang kau kerjakan di pasar, engkau tak mampir ke pedagang, tidak tawar menawar harga, tidak menjajakan barang dan tidak juga duduk di majlis pasar.” Abdullah bin Umar lalu berkata:” Mari duduk sejenak kita berbicara. Wahai Abu Bath (Thufail) kami hanya berjalan untuk menyebarkan salam, karena itu ucapkan salam kepada siapapun yang kau temui.”

D

ari Abu Umamah al-Bahili ra, bahwa ia mengucapkan salam kepada setiap orang yang ia temui.Ia mengata-   kan:”Tak ada yang mendahu-  luiku mengucapkan salam, kecuali seorang Yahudi. Adalah dia bersembunyi di belakang sebuah tiang, tiba-tiba ia keluar dan mengucapkan salam. Abu Umamah berkata kepadanya :”Mengapa kau lakukan ini wahai Yahudi?”Ia menjawab

:”Saya melihatmu sebagai orang yang memperbanyak salam, saya tahu hal itu adalah suatu keutamaan. Maka saya ingin mengambil- nya darimu.”

K

emudian Abu Salamah mengatakan:”Sesungguhnya aku dengar Rasulullah SAW bersabda: ”Sesungguhnya Allah menja- dikan salam sebagai kese- jahteraan bagi umat kami dan keamanan bagi dzimmah kami.”(Dirwayatkan oleh Ath-Thabrani

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: