TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

TIPS PANJANG UMUR ( bag.2)…..

QQ18. Mengonsumsi vitamin, vitamin adalah salah satu kebutuhan penting yang boleh dikonsumsi karena membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh (nambah 3 tahun).

19. Mengonsumsi makanan berserat yang banyak pada buah-buahan, sayuran dan sebagian kacang-2an direkomendasikan dokter sebagai zat makanan yang bisa melawan gejala penyakit cardiovascular dan kanker (nambah 3 tahun).

20. Melakukan perawatan antioxidants, bisa dengan mengonsumsi makanan, vitamin serta produk perawatan tubuh (kulit) yang aman (nambah 2 tahun).

21. Diet ala Mediterranean (ala masyarakat yang tinggal di kawasan Mediteranian spt Yunani, Italia, Turki dsb-nya). Kebanyakan mereka suka mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan serta jarang memakan makanan yang telah diproses (buatan pabrik/banyak zat kimianya). Mereka juga terkenal suka menggunakan olive oil dalam setiap masakannya yang terbukti rendah colestrol. Diet seperti ini sangat membantu untuk mencegah dari kanker (nambah 5 tahun).

22. Good Fats (lemak yang baik), lemak dibutuhkan untuk tubuh agar tetap punya energi tapi disarankan pilih lemak yang sehat (bukan lemak jenuh) dan tidak lebih dari 11 persen dari asupan kalori yang dibutuhkan tubuh (nambah 1 tahun).

23. Mengonsumsi mineral, terutama untuk kalangan dewasa disarankan memperhatikan asupan kalsium untuk tulang yang sehat dan kuat, serta zat besi untuk membantu kelancaran sirkulasi udara dalam darah (nambah 3 tahun).

24. Mengonsumsi Omega-3s, Omega-3s banyak terdapat dalam ikan yang segar, zat ini berguna sekali untuk mencegah penyakit-2 berbahaya karena mengandung polyunsaturated fatty acids (PUFAs). Sehingga bisa mencegah datangnya seperti serangan jantung, darah tinggi, diabetes dan arthritis (nambah 5 tahun). 

25. Stretching atau pemanasan sebelum olahraga baik untuk menghindari luka (patah tulang dll) selain itu bikin tubuh siap beraktivitas (nambah 1 tahun).

26. Aktif (bekerja dan beraktivitas lainnya), seperti yang sudah disebutkan di atas berolahraga bisa mengurangi gejala serangan jantung, diabetes, kanker usus dan kanker payudara (nambah 4 tahun).

27. Good balance dalam buku itu disebutkan bahwa olahraga seperti tai chi bisa membantu human balance (keseimbangan tubuh) dan menghindari sering jatuh ketika tubuh menua (nambah 3 tahun).

28. Istirahat sejenak di siang hari seperti bobok siang (napping) ternyata bisa menambah usia juga karena bisa mengurangi tekanan darah dan membuat tubuh rileks (nambah 1 tahun).

29. Yoga, instruktur yoga mengatakan makin lentur tubuh makin menentukan ‘sehat’nya badan, bukan hanya sekadar lamanya ber-yoga (nambah 5 tahun).

30. Menjaga kesehatan gigi dan mulut, gigi dan mulut yang sehat bisa membantu kesehatan tubuh secara keseluruhan karena telah mengurangi kuman dan bakteri yang masuk ke aliran darah dalam tubuh (nambah 6 tahun). 

31. Good sex, alias sex yang uhuuuyyyy, ini kata penelitian di buku loh, untuk laki-laki makin sering melakukan sex dan berakhir dengan orgasme konon bisa menurunkan angka kematian. Sementara untuk perempuan, yang katanya kurang menikmati aktivitas seks kemungkinan mendapat serangan jantung lebih besar dari yang rutin ber-indehoi hi hi (nambah 4 tahun).

 Kayaknya untuk sementara saampai di sini dulu ya. Masih ada beberapa sih hal-hal positif yang bikin orang berumur panjang, mudah-2an di lain waktu bisa disambung. Juga termasuk hal-hal negatifnya kalo rating artikel ini bagus alias mendapat sambutan hi hi. Kokiers, silakan kalkulasi kira-2 hal mana saja yang sudah dilakukan selama ini. Selamat beraktivitas dan menjaga kesehatan tubuh biar awet muda dan panjang umur semuanya!

Sumber tulisan ini dari harian The Herald Sun dan buku Long Life Equation karya Dr Trisha MacNair.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: