TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

TIPS PANJANG UMUR ( bag. 1 ) ……..

putriMasalah umur, jodoh, rejeki dan sebagainya memang urusan Tuhan. Tapi sebagai umat yang punya akal budi, manusia diberi kuasa untuk mengatur dirinya sendiri agar tubuh tetap sehat dan untung-untung bisa panjang umur.

Paling tidak ini adalah salah satu usaha untuk membuat panjang Umur sehat dan bahagia

1. Merasa bahagia, emosi positif dapat mengalahkan atau memulihkan rasa sakit dan luka, semangat untuk panjang umur dan mengurangi rasa ketidakmampuan/ disability (bisa memperpanjang usia sampai 9 tahun).

2. Optimis, optimis akan umur yang panjang bisa meningkatkan system imun dan mengurangi risiko kejang jantung dan serangan jantung (nambah 8 tahun).

3. Rajin memeriksakan (kesehatan) ke dokter, seperti melakukan vaksinasi, tes kesehatan (rutin), olahraga teratur, makan makanan sehat dan menghindari yang kurang mendukung kesehatan seperti merokok, minum alcohol berlebihan, mengonsumsi obat-2 berbahaya dsb-nya (nambah 2 tahun).

4. Mengisi kebutuhan rohani dengan baik, menjalankan agama yang dianut (nambah 7 tahun). 

5. Menikah, nah loh yang ini mah terserah individu masing-2 kali yeee, tapi di buku itu menikah masuk sebagai hal yang positif karena baik perempuan dan laki-2 mengaku jadi lebih merasa sehat, sejahtera dan bahagia bila punya pasangan yang stabil dan saling mendukung (nambah 7 tahun). 

6. Bersosialisasi, sebagai makhluk sosial pikiran dan system tubuh kita didesain bekerja maksimal dalam satu grup atau mendapat support satu sama lain untuk mengatasi stress kehidupan (nambah 6 tahun).

7. Kerja dan hidup seimbang, kerja yang sesuai minat ga workalholic dan tidak menimbulkan banyak stress bisa bikin hidup lebih nyaman (nambah 3 tahun).

8. Status sosial, hubungan antara kelas sosial (status/kedudukan dalam kehidupan sehari-hari) dan harapan hidup sangat kuat satu sama lain –silakan pikir/beropini sendiri yah –(nambah 4 tahun).

9. Olahraga teratur bisa menyehatkan jiwa dan raga (nambah 3 tahun).

10. Suka tertawa dan tersenyum, sebuah eksperimen membuktikan bahwa orang yang suka menonton acara komedi bisa meningkatkan system imun tubuh serta mengurangi rasa sakit yang diderita (nambah 1 tahun).

11. Memelihara hewan seperti kucing, anjing, burung dan ikan, berdasarkan riset seperti yang tertera di buku ini, disebutkaan orang yang memelihara binatang lebih jarang sakit alias pergi ke dokter daripada yang tidak suka hewan. Studi juga mengatakan mereka yang happy karena bergaul/familiar dengan binatang cenderung tekanan darah dalam tubuh tidak mudah naik atau tidak hipertensi (nambah 2 tahun).

12. Meditasi adalah salah satu cara untuk membuatkan tubuh rileks dari kesibukan sehari-hari (nambah 3 tahun).

13. Pikiran yang aktif seperti dengan membaca, menulis dan bekerja merangsang otak untuk meningkatkan koneksi di antara nerve cell sebagai antidote yang melawan penuaan dini.

14. Orangtua yang panjang umur ternyata juga berpengaruh dalam hal ini cenderung menjadi suatu ‘fenomena’ bahwa orangtua yang panjang umur akan menurunkan gejala yang sama ke anak-anaknya –better chance of notching up the years –(nambah 10 tahun).

15. Girls rule, di negara-2 maju perempuan lebih besar kesempatannya untuk bisa duduk sejajar dengan laki-2 dengan alasan environmental genetic, budaya dan atropologi (nambah 10 tahun).

16. Tubuh proporsional, yang ini lumayan ‘lucu’ karena katanya tubuh yang proporsional (tidak terlalau jangkung) lebih aman dari bahaya karena polusi yang bisa menyebabkan kanker (nambah 5 tahun).

17. Makan tidak berlebihan, makan secukupnya atau sekali-kali dengan selingan berpuasa diyakini bisa memperpanjang umur manusia (nambah 1 tahun).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: