TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

Awass…… Penyakit Jantung Mengincar Wanita….

Berbeda dengan pria seiring dengan bertambahnya usia, resiko terkena serangan jantung justru menurun. Sebaliknya pada wanita, usia yang menua cenderung meningkatkan resiko mereka terhadap serangan jantung. 

Masa manapouse yang ditandai dengan berkurangnya hormone estrogen merupakan salah satu pemicu gangguan jantung yang sulit diabaikan para wanita. Pada golongan wanita usia produktif (di bawah 40 tahun) yang belum menopause, gejala sakit jantung bisa timbul lebih awal bila mengalami kondisi; obesitas, hipertensi, diabetes, merokok, sering mengkonsumsi miniman beralkohol, hingga stress. 

Wanita yang sering mengalami stress atau kerap kali bereaksi negative terhadap gempuran tekanan psikologis yang muncul di lingkungan kerja maupun situasi sehari-hari, ternyata sangat rentan terhadap serangan jantung koroner, hal ini bisa terjadi karena: 

– Stres sanggup mempercepat ritme jantung

–  Orang dengan gangguan jantung lebih rentan terkena serangan jantung saat sedang stress-

  Umumnya orang yang sering stress akan mengatasi masalah masalah yang tengah dihadapinya dengan cara-cara tak sehat, seperti merokok atau memakan makanan sarat lemak dan garam. 

Gejala Sakit Jantung.

Gejala sakit jantung pada wanita tidak sepenuhnya sama dengan yang dirasakan pria. Disamping gejala umum (seperti sulit bernafas,kelelahan luar biasa, nyeri dan panas pada dada, serta gangguan pencernaan. Ada juga tanda-tanda lain yang lebih banyak dirasakan wanita seperti angina (nyeri dada akibat jantung kekurangan oksigen, diikuti dengan perasaan panas pada tubuhnya, sakit bila disentuh dibagian punggung, bahu, tangan atau rahang. 

Serangan jantung pada wanita juga dibarengi rasa mual,muntah, sesak nafas, sangat berkeringat hingga kelelahan, tapi tanpa nyeri berlebihan di dada. Usaha yang bisa anda lakukan untuk menjauhkan dari serangan jantung:

– Berhenti merokok

– Lakukan pemeriksaan jantung di awal usia 20-an

– Menjaga ukuran lingkar pinggang di bawah 80 cm

– Menjaga tekanan darah di bawah angka 120/80

– Berolahraga setiap hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: