TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

TENTANG RHEMATIK………..

Dari dr. Ryan Thamrin     :

 Team_Bulls

1. Jangan Sembarangan Minum Obat

Sering kali  penderita menganggap sepele rematik. Sehingga membeli obat di pasaran.  Terlalu sering mengkonsumsi obat akan berbahaya, resiko menderita ginjal dan lambung.  Segeralah konsultasi ke dokter, sehingga penyebab rematik ini bisa diatasi. 

2. Istirahat

Ketika   persendian dan otot  nyeri dan meradang, sebaiknya penderita istirahat. Agar  sendi tak terbebani.  Jika lutut yang sakit, jangan  jalan-jalan.

3. Disiplin minum obat

Sering kali pasien malas untuk minum obat. 

4. Terapi Pijat yang Tepat.

Massage membuat tubuh lebih bugar, aliran darah kembali lancar.

5. Terapi Air Panas

Mengompres bagian tubuh yang sakit, membuat otot  bisa bergerak kembali.  

6. Terapi Berjalan Tanpa Beban

Tubuh yang berat membuat penderita merasakan nyeri, karena tertumpu di bagian kaki.   Terapi berjalan tampa beban membuat  pasien  bisa menggerakkan otot  kaki tanpa rasa nyeri.

7. Mengkonsumsi Asam Lemak Omega-3

Ancaman rematik dapat diminalkan  dengan banyak mengkonsumsi  kacang-kacangan dan minyak ikan  yang mengandung omega-3,  juga   berkhasiat menyehatkan jantung ini. Omega-3 ini mampu  menetralkan kelebihan zat lemak si penyebab radang sendi. Kelenturan sendi pun terjaga.

Omega-3 juga baik dikonsumsi  mereka yang terlanjur rematik. Fungsinya mencegah pembengkakan sendi dan menahan pengikisan lapisan tulang rawan. Karena juga bermanfaat mengurangi rasa sakit serta turut memperbaiki kesehatan sendi, omega-3 turut membantu mengurangi ketergantungan penerta pada   obat-obatan pain killer.

1 Dari  3 wanita, Sakit Sendi

Survei  yang dilakukan  Arthritis Research Campaign di Tameside, Cheshire, Amerika Serikat. Menyebutkan  satu dari tiga wanita berusia 16 hingga 44 bermasalah dengan sakit sendi. 

Menurut para ahli penyebabnya gaya  hidup modern: mengkonsumsi junkfood, sepatu hak tinggi,  terlalu lama di depan komputer,  dan lain-lain. 

Komputer

Repititive Strain Injury (RSI)  lapisan sekitar sendi mengalami pelemahan akibat aksi berulang-ulang seperti mengetik.
 

Penelitian ARC’s Epidemiology Unit di Universitas Manchester gerakan mengetik  berulang-ulang ini membuat sakit lengan bawah, dan melemahkan jaringan sekitar  sendi pergelangan tangan dan dalam jari. 
Layar Kaca

Layar kaca  selalu jadi pilihan utama bagi kita.  Di televisi di bisa nonton film,  game, dan lain-lain. Di monitor komputer, kita bisa  game dan surfing internet.  Ini semua   membat sendi   melemah dan menipis.
Sepatu Hak Tinggi

Resiko arthritis  di lutut, bisa diakibatkan  karena kita memakai sepatu berhak tinggi. Penelitian baru-baru ini  menyebutkan 3 dari 4 wanita bermasalah  dengan kaki ketika mereka pensiun. Penyebabnya sepatu berhak tinggi.

Sepatu berhak  tinggi  mengakibatkan  luka tendon serius-tendon yang menghubungkan tulang tumit ke otot betis.  Sepatu berhak  setinggi 3 inch d merusak tendon akibat tumpuan berat tambahan.
Berat Badan

Berat badan yang berlebihan  membuat kaki kita  terbebani. Ini memungkinkan kita mengalami  peradangan di sendi.

Bila  si berat badan berlebihan ini memakai hak sepatu tinggi, tentu tumpuan  beban di kaki itu  semakin berat.    Akibatnya memberikan tekanan lebih pada paha  dan lutut.Ini membuat otot di sekitar itu melemah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: