TANDANG………. !!! NYANDANG KAHAYANG

Belas Kasih Bagai Seberkas Sinar Mentari

mentariSalju turun di suatu malam. Salju dan es yang membeku di pinggir jendela mobil masih belum dibersihkan seluruhnya, walaupun hanya di pinggir jendela tetapi te-tap mengganggu pemandangan.
Ketika mobil berbelok kearah timur, seberkas sinar mentari yang terang benderang menyorot langsung di atas salju dan es. Sedikit demi sedikit saju dan es itu beru-bah menjadi butiran-butiran be-ning bagaikan batu kristal tergelincir turun kebawah, sisanya beru-bah menjadi butiran air mengalir turun, saat itu bagian depan jendela mobil menjadi terang benderang.
Seberkas sinar mentari yang berwarna keemasan itu selalu mengikuti saya, dia hangat, lembut dan mesra, telah membawakan pencerahan bagi saya, bersamaan dengan itu juga membuat saya teringat akan belas kasih.
Belas kasih adalah sejenis energi, juga adalah hangat, lembut, mesra serta bersinar-sinar. Dia bisa melarutkan kedinginan dalam hati manusia, dia bisa mengusir perasaan apatis dalam jiwa manusia, dia juga bisa mencerahkan hati manusia yang sedang dirundung kemalangan.
Manusia bisa menggunakan berbagai macam cara untuk menanggulangi konflik diantara sesama manusia, persis seperti manusia boleh menggunakan berbagai macam cara untuk membersihkan salju dan es. Tetapi walaupun kami sudah berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakannya, konflik itu selalu tidak bisa diselesaikan secara tuntas, sama persis dengan sisa es yang masih menyisakan bekas di atas jendela mobil. Karena cara dari manusia itu terbatas, serta energi tidak mencukupi. Begitu belas kasih itu muncul, walaupun perkataannya tidak banyak, juga bisa membuat es yang menyekat dalam jiwa manusia sekejab mencair dan terselesaikan.
Benar, jika Anda menanyakan kepada saya apakah belas kasih itu? Dari tingkat saya yang sekarang berada, saya bisa memberikan jawaban demikian kepada Anda :
Belas kasih adalah semacam taraf tingkatan yang melepaskan/ mengabaikan diri sendiri dan berpikir demi orang lain,
Belas kasih adalah menaruh belas kasihan tanpa batas terhadap kehidupan,
Belas kasih adalah bermurah hati terhadap kesalahan orang lain,
Belas kasih adalah keinginan indah agar lebih banyak lagi kehidupan yang bisa mendapatkan kebahagiaan,
Belas kasih adalah kasih yang mendalam dari para sang Maha Sadar terhadap manusia,
Belas kasih adalah pikiran baik nan murni bersih yang timbul setelah seorang kultivator melompat keluar dari perasaan dan nafsu manusia,
Belas kasih, seperti seberkas sinar mentari di musim dingin, yang hangat dan membawa kedamaian. (The Epoch Times/lin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: